Sabtu, 23 Agustus 2014

JalanTikus.com – Jaka rasa kamu semua sudah pada kenal dengan mobile web browser bernama Opera Mini dan UC Browser Mini. Kali ini mereka berdua akan kita adu, dalam pertarungan “dua web browser Android terpopuler” dalam versinya yang mini. Sebagai sedikit info, kata mini yang mereka sematkan ke masing-masing browser mereka sebagai pembeda dari versi normalnya, dari mulai size hingga fitur yang mereka buat menjadi compact namun tetap powerful. Oke, mari kita mulai:

  • Paket Instalasi
    Untuk pemanasan, mari kita bahas mengenai paket instalasi. Seperti namanya, kedua browser ini sudah pasti memiliki ukuran APK Android yang sangat kecil. Opera Mini memiliki ukuran APK yang hanya mencapai 1,03 MB dan UC Mini rupanya bisa lebih kecil lagi, hanya 0,9 MB. Kepraktisan mereka berdua membuat orang-orang Indonesia yang umumnya mendapatkan speed internet yang sulit, lebih memilih browser yang praktis. Tapi, dari ukuran masing-masing browser tersebut tentu bisa kita bilang seimbang karena selisihnya hanya sedikit sekali.
  • Pemutar Multimedia
    Bagi para die hard fansnya UC Mini pasti sudah tau siapa yang menang dalam kategori ini. Ya, UC Mini dapat memutar video dan musik langsung pada browsernya dan sayangnya Opera Mini tidak memiliki fitur tersebut. Jaka tidak dapat menjelaskan banyak hal karena di kategori ini, UC Mini sudah jelas unggul.
  • Platform
    Apabila kita lihat dari segi platform apa saja yang dapat didukung oleh kedua web browser mini ini, dilihat secara umum, memang keduanya hampir mencakup seluruh platform populer yang ada. Tapi sayang sekali untuk varian UC Mini yang telah Jaka ulas sebelumnya, hanya ada untuk Android saja (untuk platform yang lain, tanpa label Mini). Sedangkan Opera Mini mencakup Android, Bada, Blackberry, iOS, J2ME, Symbian, Windows Mobile, dan Zeebo.
  • Halaman Utama
    Opera Mini dan UC Mini memiliki halaman utama yang cukup sama, dengan icon-icon yang mewakili setiap website populer dan pada umumnya sering dikunjungi oleh user. Namun UC Mini menambahkan beberapa opsi cepat agar kamu dapat menjelajah internet dengan lebih nyaman. Dua fitur yang Jaka sorot disini adalah Night Mode dan Data Usage. Night Mode adalah fitur meredupkan layar yang bertujuan membuat kamu tidak cepat lelah apabila berada di ruangan yang minim cahaya, dan Data Usage untuk memberikan kamu info sudah berapa banyak data yang dapat dikompres oleh UC. Fitur ini Jaka nilai berguna karena memang dapat membantu pengguna dalam kegiatan browsing sehari-hari.
  • Download Manager
    Ini salah satu fitur yang krusial, terutama untuk kamu yang hobi download. Pertandingan kita semakin menarik karena rupanya kami menilai bahwa untuk fitur ini, UC Mini lebih unggul dari Opera Mini dikarenakan stabilitasnya yang dapat diandalkan, plus mereka punya UDisk yang merupakan penyimpanan cloud yang 6 GBnya diberikan gratis. Sayang sekali untuk Opera, di berbagai forum, pengalaman penulis, dan komentar di Play Store, cukup banyak yang complain terhadap download manager mereka yang tidak handal dalam menangani file berukuran besar.
  • Kompresi Data
    Fitur terakhir ialah mengenai kompresi data. Jaka menilai bahwa fitur ini sangat dinamis, sehingga kita tidak dapat secara tepat menentukan mana yang paling oke dalam hal mengecilkan data. Masing-masing pendukung kedua browser tersebut tentu akan menyebutkan bahwa browsernyalah yang paling sukses, maka dari itu Jaka akan anggap seri untuk fitur ini. Tapi yang dapat dipastikan adalah engine Presto dan U2 yang mereka gunakan akan terus bersaing sengit.

Oke, itu dia versus kita untuk minggu ini. Sekarang Jaka kembalikan kepada kalian para pembaca untuk menentukan browser mana yang paling cocok untuk kamu gunakan. Jaka tunggu komentarnya ya.

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau Add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

0 komentar :

Posting Komentar