Jumat, 24 Mei 2013


Makanan manisSebagian besar orang terlalu banyak mengonsumsi gula dari jumlah harian yang disarankan, yaitu 150 kalori gula untuk pria dan 100 kalori untuk wanita per hari. Mengonsumsi gula secara berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Sebaliknya, mengurangi konsumsi gula bisa mencegah berbagai masalah kesehatan yang mengancam. Ada beberapa efek negatif  jika andamengonsumsi gula terlalu banyak atau berlebihan. Apa saja itu? simak ulasannya berikut ini…

3 Masalah Kesehatan Yang Mengancam Akibat Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

1. Masalah gigi
Bakteri yang ada dalam mulut bisa memecah karbohidrat dan makanan manis menjadi asam. Hal ini akan menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang. Bakteri akan memakan apapun yang terselip pada celah-celah gigi. Makanan-makanan yang manis seperti permen lunak, kismis, atau roti bisa menyebabkan kerusakan gigi. Maka dari itu, kurangilah makanan-makanan manis yang mengandung tinggi gula agar gigi tidak cepat rusak.
2. Masalah berat badan
Sering mengonsumsi soda yang merupakan sumber utama gula, akan mendorong seseorang untuk mengonsumsi kalori lebih banyak. Selain itu, dia juga cenderung hanya sedikit mengonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini akan meningkatkan risiko obesitas. Mengurangi pengonsumsian soda berkarbonasi akan mengurangi asupan kalori sebesar 132 kalori per kaleng.
3. Masalah jantung
Mengonsumsi gula terlalu banyak bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol jahat, dan trigliserida, di mana kondisi ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain penyakit jantung, bahaya lain yang mengancam adalah penyakit diabetes. Agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut, kurangilah makan makanan yang manis dan beralih ke makanan-makanan yang lebih sehat seperti gandum, buah-buahan, sayuran, dan makanan yang rendah lemak. Selain itu imbangi juga dengan berolahraga secara rutin.
Itulah beberapa masalah yang bisa timbul jika anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan gula. Gula memang bisa menjadi sumber energi yang diperlukan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan. Namun jika mengonsumsinya terlalu berlebihan, maka bukan manfaat kesehatan yang anda dapatkan, melainkan masalah kesehatan yang bisa mengancam dengan tiba-tiba.

0 komentar :

Posting Komentar