Minggu, 17 Agustus 2014

JalanTikus.com – Apakah kamu pengguna BBM? WhatsApp? Atau keduanya? Kali ini Jaka akan kasih kamu informasi mengenai kedua Instant Messaging tersebut, sekaligus akan kita bandingkan, mana sih sebenarnya yang paling cocok untuk kamu? Berbagai macam fitur akan Jaka adu dan hasilnya tinggal kamu yang memutuskan, mana yang terbaik.

  1. Notifikasi
    Bila kita lihat kedua IM ini, BBM bisa dibilang memiliki indikator notifikasi yang lebih beragam. Ia akan memberi kamu petunjuk apakah pesan kamu telah terkirim, telah sampai, dan telah terbaca. Namun untuk rivalnya, WhatsApp sayangnya tidak memiliki beragam notifikasi seperti itu. WhatsApp hanya mengandalkan dua ceklis yang mengindikasikan apakah pesan kamu sudah terkirim dan sudah sampai pada server.
  2. Efisiensi Baterai
    WhatsApp punya fitur yang dapat ia unggulkan, yaitu wakeup yang efisien. Kini kedua apps tersebut memakai fitur GCM untuk push messaging mereka, namun WhatsApp lebih efisien dalam wakeup sehingga dapat menghemat baterai yang lebih efektif dibandingkan BBM. BBM masih menggunakan icon “Connected” di atas taskbar yang membuat wakeupnya sangat sering dan menguras baterai.
  3. Migrasi Akun
    Apabila kamu ada rencana untuk mengganti smartphone, tentu salah satu yang jadi beban apakah IM kamu bisa dipindahkan ke smartphone yang baru, bersama dengan kontak yang selama ini telah dikumpulkan? Karena BBM menggunakan ID, maka kamu bisa melakukan migrasi ini dengan mudah. Namun untuk WhatsApp, karena ia menggunakan nomor HP kamu sebagai ID, maka apabila kamu merubah nomor tersebut maka semuanya harus dimulai dari awal kembali.
  4. Privasi
    Mengenai privasi, kita harus memisahkan kedua fungsi IM ini tergantung keperluannya masing-masing. BBM bisa dikatakan lebih private karena ia menggenerate satu pin BBM unik bagi setiap penggunanya sehingga kamu hanya bisa berkomunikasi dengan orang lain bila kamu mengetahui pin BBM dan diterima oleh orang tersebut. Sebaliknya, WhatsApp memberikan kamu keleluasaan untuk otomatis meng-add teman-teman yang nomor HPnya sudah disimpan di kontak kamu sehingga lebih mudah dalam berkomunikasi secara cepat.
  5. Ketersediaan Antar Platform
    Untuk kategori ini, WhatsApp bisa dikatakan unggul jauh karena hingga kini ia telah mensupport banyak platform termasuk iPhone (iOS), Android, Blackberry, S40, Symbian, dan Windows Mobile. Sedangkan BBM sebagai kompetitor baru mensupport Blackberry, Android, dan iOS saja.
  6. Berbagi Konten
    Di antara kedua IM ini, masing-masing bisa dikatakan seimbang mengenai konten apa saja yang dapat dibagikan antar user. Baik itu teks, emoticon, voice message, attachment, dsb. Akan tetapi, BBM baru saja melengkapi appnya dengan sticker yang mengikuti tren IM lainnya, sedangkan WhatsApp tetap tampil sederhana tanpa pernak pernik lucu.
  7. Pengguna Aktif
    Sebagai perbandingan, hingga tulisan ini diturunkan, pengguna aktif BBM mencapai 85 juta user dan WhatsApp mencapai 500 juta user aktif di seluruh dunia. Memang perbandingannya cukup jauh, namun kita lihat saja bagaimana kondisi ke depan, apakah BBM dapat mengejar perolehan WhatsApp atau bahkan WhatsApp akan terus meninggalkan BBM karena perolehan kedua IM ini masih terus dinamis.

Itulah poin-poin yang telah Jaka komparasikan diantara BBM dan WhatsApp. Memang masih ada fitur yang dalam proses pengembangan, sehingga kami pertimbangkan untuk belum dapat dikomparasikan satu dengan yang lain. Pada akhirnya penilaian Jaka serahkan kepada kamu, mana yang paling sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Jadi, kamu pilih BBM atau WhatsApp?




Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau Add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

0 komentar :

Posting Komentar